Cara Install Kali Linux di VMware Terbaru 2022 (Step by Step)

featured_install kali linux

Hi 🙂

Tabik!! Kali Linux adalah sistem operasi atau OS berbasis Debian Linux yang dikembangkan oleh Offensive Security. Secara tampilan, Kali Linux termasuk memiliki tampilan sederhana dan tidak terlalu mencolok, sehingga sangat cocok untuk para pemula dalam melakukan penetrasi pada jaringan. Dan mungkin ini adalah salah satu keunggulan dari Kali Linux, terlebih lagi Kali Linux dibekali dengan lebih dari 300 tools penetration testing yang dapat kita gunakan untuk belajar ataupun dalam bidang professional. Dan semua itu GRATIS TIS TISS..

Namun bagi sebagian dari kita pasti belum terbiasa menggunakan sistem operasi ini, bahkan mungkin baru tau ada OS lain selain Windows. Nah disinilah fungsi dari Virtual Machine. 

Pada artikel kali ini, saya akan mencoba menjelaskan kepada Anda, Cara Instalasi Kali Linux di VMware Step by Step lengkap. Pastikan anda ikuti step ini dari awal hingga akhir agar supaya tidak ada informasi yang terlewat. 

Persyaratan
  • VMWare Workstation Player.
  • Kali Linux disc image (.iso) versi berapapun.

Download .iso Kali Linux pada halaman resmi kali linux sesuai versi yang Anda inginkan pada laman berikut: Download Kali Linux

Cara Instalasi

Pertama-tama buka aplikasi VMWare Workstation Player kalian. Lalu pilih File > New Virtual Machine

Akan muncul tampilan seperti berikut, karena kita ingin menginstall menggunakan file .iso, maka pilih Install from : Installer Disc Image file (iso). Lalu tekan Browse dan pilih file .iso Kali Linux yang sudah kalian download sebelumnya, disini saya pilih versi 2020.3 64 bit

Selanjutnya pada pilihan Guest operating system, pilih Linux. Dan pada bagian Version, pilih sesuai dengan version Kali Linux yang kalian download (namun pastikan memilih Debian ya…)

Pada halaman ini, pilih Maximum disk size (GB) sesuai kebutuhan kalian, disini saya memilih 100Gb. Selanjutnya kalian bisa memilih, mau virtual disk disimpan dalam satu file atau dalam beberapa file. Disini saya pilih Store VD as a single file.

Pada halaman ini, kalian bisa langsung tekan Finish atau jika ingin mengatur hardware virtual OS kalian maka pilih Customize Hardware.

Di halaman Hardware, kalian akan ditampilkan banyak pilihan pengaturan, mulai dari besar memori, jumlah processor, jenis Network Adapter, dan lain lain. Saran saya, atur sesuai kebutuhan kalian dan kemampuan device kalian. Kalian bisa meniru milik saya dengan pengaturan seperti berikut. Jika sudah tekan Finish.

Jika sudah melakukan pengaturan Hardware, maka akan nampak di halaman awal aplikasi Vmware Workstation Player kalian, virtual machine baru bernama Kali Linux. Namun virtual machine ini belum bisa digunakan, kita harus menginstallnya terlebih dahulu dengan cara Play virtual machine.

Pilih Graphical Install.

Pilih bahasa sesuai yang kalian mau. Jika sudah tekan Continue.

Selanjutnya pilih lokasi kalian, jika sudah tekan Continue.

Pilih keyboard sesuai kalian, biasanya sih American English, jika sudah tekan Continue.

Tunggu proses mounting installation media.

Pilih hostname kalian. Hostname adalah nama komputer, misal root@kali, maka kali adalah hostname. 

Selanjutnya adalah nama domain, biasanya saya menulis nama yang sama seperti hostname. Namun jika dikosongkan juga tidak apa-apa.

Masukkan nama panjang atau nama bebas untuk pengaturan nama user kalian, jika sudah tekan Continue.

Lalu masukkan username kalian, disini saya samakan saja, jika sudah tekan Continue.

Selanjutnya masukkan password user kalian, kalau bisa gunakan banyak kombinasi agar aman, jika sudah tekan Continue.

Pilih pengaturan waktu atau timezone sesuai mau kalian, saya pilih Eastern. 

Selanjutnya akan masuk pada bagian pilihan partisi, karena ini hanyalah virtual machine saya pilih Guided – use entire disk yang berarti saya akan gunakan seluruh disk yang saya punya, yaitu 100Gb, jika sudah tekan Continue.

Tekan Continue saja. Karena kita tidak punya partisi disk

Memisah partisi /home sangat berguna jika kalian berencana menginstall distro lain di kemudian hari. Namun disini saya langsung pilih saja paling atas, seluruh partisi dijadikan satu, karena saya juga tidak memiliki partisi disk. Jika sudah tekan Continue.

Pilih Finish partitioning and write changes to disk dan tekan Continue.

Muncul menu konfirmasi pilih Yes dan tekan Continue.

Tunggu proses installasi berjalan.

Pilih software apa saja yang ingin kalian install, jika sudah tekan Continue.

Tunggu proses instalasi berjalan kembali.

Jika muncul pertanyaan apakah ingin menginstall GRUB boot loader seperti dibawah ini, pilih No.

Sekali lagi, tunggu proses instalasi berjalan

Jika muncul halaman ini, maka proses instalasi berjalan lancar dan selesai. tekan Continue.

Otomatis VMware akan me reboot virtual machine kalian.

Dan TaDaaa…. kalian tinggal masukkan username dan password kalian yang sudah di setup sebelumnya. Selamat datang di Kali Linux dan Selamat Belajar!!

Itu dia proses Install Kali Linux di VMware. Semoga jelas dan dapat Anda pahami. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar dibawah ya. Salam hangat dari saya, semoga berbahagia. Tabik!!

Share postingan ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

artikel populer